Translate This Page

Menyisipkan doa disaat melaksanakan shalat

       Hidup ini dipenuhi oleh berbagai masalah, PASTINYA..! Dan islam menyariatkan agar kita menggantungkan semua beban masalah kita hanya kepada Allah, salah satunya adalah melalui doa. Berdoa merupakan sebuah kebutuhan di berbagai aspek kehidupan kita. Banyak ulama mensyariatkan kepada kita mengenai perkara doa ini, bahkan hingga waktu-waktu yang baik untuk berdoa agar di ijabah oleh Allah SWT. Dan kita pun seringkali memilah-milah waktu untuk berdoa agar cepat di ijabah, hingga menyisipkan doa ketika kita melaksanakan shalat. Lalu apa hukumnya berdoa (doa diluar bacaan shalat) disaat kita melaksanakan shalat  ?
             
Rasulullah saw. Bersabda “Shalatlah, sebagaimana kalian melihatku shalat”. 

Semua orang muslim tahu bahwa beliau mengerjakan shalat dengan cara-cara tertentu. Para ulama memilah-milah cara beliau mengerjakan shalat menjadi beberapa katagori, seperti rukun, syarat, dan sunnah. Selain itu jika kita melakukan sesuatu yang tidak dikerjakan Rasulullah dalam shalat, boleh jadi hal itu haram untuk dilakukan atau dapat membatalkan shalat kita, atau mungkin makruh, atau bias jadi mubah (boleh-boleh saja untuk dilakukan). Contohnya, memperlama shalat (baik sujud atau yang lainnya) tidak dianjurkan bagi seorang imam, karna hal itu bias saja memberatkan bagi makmumnya yang memiliki keterbatasan atau kepentingan mendesak.
Lalu muncul sebuah pertanyaan: Bolehkan kita membaca kalimat-kalimat (doa) yang tidak Rasulullah saw. ajarkan  dalam shalat? 

Dalam sebuah hadist,  Rasulullah saw. bersabda: 
 “Aku dilarang membaca ayat al-Quran sewaktu ruku dan sujud. Disaat kalian ruku, agungkanlah Allah. Dan disaat kalian sujud, bersungguh-sungguhlah dalam berdoa, sebab diwaktu itulah doamu amat wajar dikabulkan”. (HR. Muslim) 

Dalam hadist lain dikatakan :              
          “Sedekat-dekat manusia kepada Tuhannya adalah diwaktu dia sujud” 

Dalam kitab Subul as-Salam disebutkan bahwa hadist ini menunjukkan disyariatkannya berdoa dalam sujud dengan doa apa saja. Dan alangkah baiknya, makna dari doa yang kita panjatkan dapat kita pahami agar lebih khidmat.Jika tidak bias berdoa dalam bahasa arab, maka boleh dalam bahasa yang kita kuasai. Insya’Allah, Allah Maha Mendengar.
(Sebagian dari artikel ini diambil dari buku karangan M. Quraish Shihab – 1001 Soal Keislaman Yang Patut Anda Ketahui)

Naah, setelah membaca artikel diatas, apa pendapat anda terhadap doa dalam shalat ini ? Silahkan tinggalkan komentar, atau anda dapat pula membaca artikel terkait tentang Bermakmum shalat melalui media streaming
Description: Menyisipkan doa disaat melaksanakan shalat Rating: 4.5 Reviewer: F. G. Ramadhan - ItemReviewed: Menyisipkan doa disaat melaksanakan shalat

0 komentar:

NO SPAM, SPAMER'S AKAN SECARA OTOMATIS TERHAPUS DARI FORM KOMENTAR, TERIMAKASIH !