Translate This Page

Visit Kei Island


Jenuh dengan pekerjaan, beberapa hari lalu saya menghabiskan liburan di sebuah pulau yang saya klaim sebagai milik saya sendiri walau hanya untuk beberapa hari saja. Yups, selain memiliki panorama alam yang indah baik di permukaan maupun dari bawah laut, pulau yang satu pun ini tak berpenghuni, sehingga kita bisa merasakan mantapnya sensasi berlibur di pulau pribadi tanpa perlu sewa apalagi beli...

   Pulau Adranan
Gambar : Panorama pagi hari di salah satu sudut Pulau Adranan

Pulau ini merupakan satu dari sekitar 400 pulau lainnya yang berada dalam gugusan Kepulauan Kei. Diameter pulau ini pun tak terlalu besar, tak lebih dari 30 menit waktu tempuh untuk mengelilingi pulau ini dengan berjalan kaki.

Pulau Adranan
Keunikan lain dari pulau ini adalah kontur pasirnya yang berubah-ubah sesuai kondisi dari arus dan gelombang yang menerpa pulau ini. Maka jangan kaget jika dipagi hari anda terbangun, pemandangan disekitar anda menjadi tampak berbeda.



Pepohonan rimbun yang berada di tengah pulau bisa kami jadikan termpat untuk berlindung dari terik matahari. Pasir putih nan bersih yang mengelilingi pulau ini, seakan menjadi properti wajib yang ada dihampir semua bagian wilayah kepulauan indonesia timur.

Untuk mencapai pulau ini, hanya diperlukan waktu tempuh 30 menit perjalanan dari pulau utama Kota Tual menggunakan perahu motor. Jika ingin merasa nyaman, Anda dapat menyewa satu perahu motor seharga Rp. 150 Ribu, dengan kapasitas maksimal 10-15 orang.

Salah satu keunikan pulau ini adalah panorama alamnya yang mempesona. Jika anda hoby fotografi, atau hanya sekedari ingin menikmati romantisme suasana ketika senja terbenam dicakrawala, pulau yang satu ini sudah menyedikan latar yang mantab bagi anda.
Tak hanya keindahan sunset, bahkan kilauan sunrise pun dapat anda nikmati di satu tempat yang sama.

Gambar panorama sunrise di Pulau Adranan
Gambar panorama sunset di Pulau Adranan

        Bagi anda yang memiliki hoby memancing, inilah tempat yang tepat untuk menyalurkan hoby anda. Kontur bawah laut yang berupa karang, menyediakan banyak ikan yang menunggu untuk kita pancing. Bahkan kita cukup melempar kail dari pinggir pantai, ikan-ikan itu sudah tak sabar untuk kita bakar.



       Atau bagi anda yang hobi diving atau menyelam untuk menikmati panorama bawah laut, tak jauh dari pulau ini pun kita dapat menikmati panorama karang yang masih cukup terjaga. Beberapa wisatawan asing pun sempat kami dapati sedang melakukan wisata bawah laut di tempat ini.
Gambar: Wahid Madi, LIPI Tual.

       Gambar diatas adalah sedikit potongan panorama bawah laut yang diambil oleh kawan saya ketika secara kebetulan dia sedang melakukan observasi biota laut disekitar pulau ini bersama LIPI. Sayang seribu sayang, bagi anda yang bertempat jauh dari daerah Maluku. Akomodasi transportasi menuju pulau ini mungkin jadi kendala tersendiri bagi anda. Untuk mencapai Kota Tual saja,  dari Ambon diperlukan tambahan perjalanan udara selama 1,5 Jam menggunakan pesawat komersial. Tidak adanya agen wisata pun menambah rintangan bagi anda untuk berkunjung ke sini. Namun jika anda seorang backpacker sejati, anda tak akan rugi berkunjung ke sini. Penerbangan pun tersedia 2xsehari, setiap hari, pulang-pergi.



Dan Tak hanya sensasi “Pulau Pribadi”, Kota Tual / Kab. Maluku Tenggara juga masih memiliki beberapa spot wisata yang wajib anda kunjungi..!!!


Pulau Baer


Inilah spot bahari terbaik yang pernah saya kunjungi. Pulau yang satu ini terletak di penghujung timur laut Kepulauan Kei, beberapa pulau dari pulau adranan. Memang cukup jauh dari pulau utama Kota Tual, tapi pemandangan yang bisa kita dapat dari pulau ini sungguh sangat mempesona.
Pernahkah anda mendengar spot wisata “Raja Ampat” di papua? Atau anda pernah berkunjung ke sana??
Di pulau Baer ini anda akan mendapat sensasi yang hampir sama seperti yang bisa anda dapatkan di Kepulauan Raja Ampat. Saya sendiri belum pernah berkunjung ke Pulau Raja Ampat, tapi jika melihat dari iklan-iklan pariwisata, saya sudah dapat merasakan sensasi kunjungan ke Raja Ampat hanya dengan mengunjungi Pulau Baer ini. Gugusan pulau-pulau karang dalam satu kompleks peraiaran yang jernih membentuk suatu formasi yang sangat indah. Hebatnya lagi, perairan yang mengelilingi pulau ini sangatlah dangkal, dan banyak ditumbuhi terumbu karang. Saking dangkalnya, anda hanya bisa memasuki gugusan ini jika permukaan laut sedang tinggi. Karena jika permukaan laut sedang surut, kedalaman rata-rata perairan ini hanyalah setinggi lutut sehingga tidak memungkinkan bagi perahu motor untuk dapat menjelajahinya.

Lihat foto lebih jelas di:
Album Photo
atau lihat video di:

Jika anda ingin merasakan sensasi diving diantara terumbu karang tapi belum dapat terwujud karena anda tidak bisa berenang, maka ditempat inilah keinginan anda bisa terwujud. Terumbu karang yang indah bisa anda temui di perairan jernih dengan kedalaman air maksimal hanya setinggi dada orang dewasa. LUAR BIASA !



Pantai Ngurbloat


Jangan mengaku pernah mengunjungi pantai berpasir putih, jika anda belum pernah berkunjung ke pantai-pantai di timur indonesia...
Dan jika anda mencari artikel mengenai “pantai dengan pasir terhalus didunia” melalui penelusuran google, maka jangan kaget jika semua artikel itu mengarah pada Pantai Ngurbloat atau lebih dikenal dengan nama Pantai Pasirpanjang.Dan memang ketika saya genggam, pasir dipantai ini lebih halus dari pantai-pantai lainnya yang pernah saya kunjungi. Mohon maaf sebelumnya saya sampaikan kepada warga Bali, namun eksotisme Pantai Kuta tak se-eksotis Pantai Ngurbloat. Begitu pula saya sampaikan kepada masyarakat Ambon, keindahan Natsepa tak seindah Pasirpanjang. Saya pernah juga mengunjungi pantai Kuta dan Pantai Natsepa, tapi hati saya telah memilih Pantai PasirPanjang ini sebagai pilihan





Goa Hawang

Bosan dengan tempat wisata bertema laut, disini juga ada spot wisata alam yang sama sekali tidak beraroma laut. Goa Hawang atau lebih dikenal dengan nama Air Goa dalam sebutan masyarakat sekitar untuk spot wisata yang satu ini. Goa hawang sendiri merupakan sebuah Goa yang terbentuk secara alami yang terdapat kolam air didasarnya. Mulut Goa ini cukup besar dan megah dengan dihiasi stalaktit. Kolam air yang ada didasar Goa ini sangat jernih, dingin, dan cukup dalam, cocok bagi anda yang ingin mencicipi sensasi berenang didasar Goa. Wisata alam Air Goa ini terletak di desa Letvuan, 15 Km dari pusat kota Kab. Maluku Tenggara. Untuk mencapai lokasi ini, hanya diperlukan waktu tempuh sekitar 30 menit dari pusat kota Tual.


Ada legenda tersendiri dalam kepercayaan masyarakat sekitar mengenai goa ini. Di dalam Goa terdapat batu yang melambangkan seorang pria memegang tombak bersama dua ekor anjingnya. Menurut Legenda setempat bahwa seorang lelaki pergi berburu babi hutan bersama anjingnya. Anjing tersebut mengejar babi buruannya ke kola mini dan buruan tersebut menghilang disini. Kemudian karena letih dan haus mereka pemburu dan anjingnya meminum air kolam ini yang terasa sangat pahit pada saat itu. Marah dan kecewa akibat hal ini, sang pemburu mengumpat dengan kata-kata kotor yang mengakibatkan berubahlah dia dan anjingnya menjadi batu. 



Bukit Masbait
       Bagi anda sahabat saya yang beragama Kristiani, mungkin anda akan terpesona dengan kemegahan Patung Jesus di Rio, Brazil. Tapi anda tak perlu pergi sejauh itu hanya untuk melihat kemegahan Patung Jesus, karena disini pun ada. Bukit Masbait itu sendiri merupakan  bukit tertinggi di Pulau Kei Kecil, satu dari tiga pulau utama di Kepulauan Kei.


          Bukit ini sebenarnya merupakan sebuah tempat wisata religi bagi sahabat yang beragama Katolik. Disini juga menjadi tempat Perziarahan bagi Umat Katolik. Disini terdapat juga sebuah Patung Jesus yang berdiri diatas globe yang menandakan bahwa Yesus Kristus akan melindungi dan memberkati umatnya yang berada di kepulauan ini. Dengan puncaknya yang lebih tinggi dari yang lainnya, anda dapat melihat panorama Kota Tual dan Kab. Maluku Tenggara.



Gambar : Panorama dari puncak Bukit Masbait

Souvenir
Kurang lengkap rasanya jika kita berkunjung ke suatu tempat tanpa membawa cinderamata dari tempat tersebut. Hiasan dari kulit kerang dan pernak pernik lainnya yang berasal dari laut dapat anda jadikan cinderamata dari tempat ini. Kota Tual sendiri merupakan daerah penghasil mutiara. Jadi bagi anda pecinta batu mulia, bolehlah mutiara ini anda jadikan salah satu dari cinderamata dari tempat ini. Banya jenis mutiara yang dapat anda pilih sesuai selera dan budget tentunya. Ada mutiara air tawar, mutiara laut, hasil budidaya, atau yang paling mantap adalah mutiara perairan dalam.  Bererapa varian warna dari mutiara tersebut dapat anda pilih disini. Semuanya asli karya alam, tanpa rekayasa warna oleh manusia.
Bicara masalah harga, tentunya mutiara disini relatif lebih murah dari harga pasar, karena disinilah produsennya. Dan jika anda ragu mengenai harga dan keaslian mutiara itu, anda bisa mengujinya sebelum membeli. Boleh anda gigit, anda banting, anda palu untuk menguji keasliannya, hehehe.

Saya sendiri beruntung dapat mengunjungi tempat ini, karena secara kebetulan sedang berada disini. Namun bagi anda, mungkin harus membutuhkan niat yang cukup besar untuk dapat mengunjungi dan menikmati keindahan panorama alam Kepulauan Kei. Bukan transportasi dan penginapan yang menjadi kendala utama, namun jarak tempuh yang berimbas pada budget perjalanan, hehehe. Penerbangan dari dan menuju Kota Tual atau Kab. Maluku Tenggara tersedia 2x sehari, setiap hari. Penginapan pun anda bisa memilih untuk kelas hotel atau wisma, tergantung selera dompet anda. Dan karena itulah anda harus menyiapkan budget tersendiri untuk dapat berkunjung ke tempat ini. Anda Tertarik?


Description: Visit Kei Island Rating: 4.5 Reviewer: F. G. Ramadhan - ItemReviewed: Visit Kei Island

8 komentar:

  1. eksotisme pantai pasir panjang dan pantai-pantai di timur Indonesia tidak diragukan

    BalasHapus
  2. keren bro..
    eksist trus sampe mati .. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayang seribu sayang bro..
      Foto bawah lautnya gak ada muka gw.. whahahaha..

      Hapus
  3. pulau burung, pantai pasir panjang, pantai ohilier sama air goa uda

    yang belum bukit masbat dan yang lain''

    semoga kelak bisa datangin tu tempa''

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu perkara mudah saja,, yang penting niat dari pelaku.. :)

      Hapus
  4. Keren om gilang.
    skrg su ada yang lirik pulau baer dan mereka trpesona dgn keindahannya.

    BalasHapus
  5. Keren om gilang.
    skrg su ada yang lirik pulau baer dan mereka trpesona dgn keindahannya.

    BalasHapus

NO SPAM, SPAMER'S AKAN SECARA OTOMATIS TERHAPUS DARI FORM KOMENTAR, TERIMAKASIH !