Translate This Page

Membuat Dokumen Interaktif Dalam Format PDF

Beberapa waktu lalu saya mendownload sebuah ebook dalam bentuk PDF yang didalamnya terdapat link Interaktif, yaitu link aktif yang membuat kita bisa mengakses alamat url atau halaman/dokumen lain yang ditanam dalam file PDF tersebut. Hmmn, Jadi kita dapat menavigasikan daftar isi ke halaman tujuan yang ingin kita buka.sebelumnya saya kira file dalam bentuk PDF itu gak bisa di otak-atik, ternyata saya salah.

Selain memudahkan navigasi untuk mengakses halaman  yang tertera dalam file tersebut, link aktif ini juga sangat berguna bagi anda para pebisnis atau orang kantoran yang suka membuat dokumen dalam bentuk PDF. Karena selain tetap menjaga keamanan berkas yang anti-copypaste, bisa di enkripsi dengan password agar tidak bisa di convert ke Ms.Word, kita juga dapat menyisipkan berkas lain, atau menavigasi halaman yang ingin kita akses, sehingga lebih ringkas dan mudah untuk kita paparkan/presentasikan. Bagi mahasiswa yang sedang menyusun Paper, hal ini sangat berguna agar paper anda aman dalam format PDF, namun tetap praktis dan rapi untuk digunakan.

Atau bagi anda pemilik halaman web yang juga hobi bagi-bagi artikel, tentunya trik yang satu ini juga sangat bermanfaat. Selain tetap dapat membagikan artikel yang anti-copypaste, kita juga bisa menanam url web kita di artikel tersebut, bahkan kita dapat membuat form komentar pada file PDF kita. Beberapa istilah yang mungkin anda kenal tentang trik ini diantaranya dikenal dengan istilah “e-book rebrand”.

 E-Book memang saat ini menjadi populer dikalangan pembaca, selain formatnya yang portabel, ebook juga lebih ramah lingkungan karena tidak dicetak menggunakan kertas, sehingga pengguna e-book berarti juga turut melestarikan lingkungan karena mengurangi konsumsi penggunaan kertas yang berarti juga mengurangi potensi penggundulan hutan. Go Green Brow..

Karena tertarik untuk membuat e-book interaktif dalam format PDF ini, saya pun menelusuri cara untuk membuatnya. Dan dari penelusuran itu, saya menemukan sebuah tools yang sesuai untuk trik yang satu ini, yaitu PDF Exchange Viewer. Mungkin anda sudah tidak asing dengan aplikasi ini, namun bagi yang belum mengenalnya, saya paparkan sedikit tentang penggunaan aplikasi ini..

Berikut tampilan umumnya:



 Berikut beberapa tools yang dapat anda gunakan:



Anda bisa meng-convert, mengedit,  menyisipkan artikel lainnya atau menanam link aktif dalam file PDF yang akan kita gunakan. Untuk menanam link / melampirkan dokumen / mengakses halaman pada file PDF, berikut beberapa langkah sederhananya:

sebagai contoh saya akan menavigasi tulisan “[Red: 1]”, sehingga ketika kita klik tulisan itu, maka kita akan diarakhan ke halaman yang ingin kita sisipkan.

1.                   Blok bagian yang akan kita gunakan sebagai tombol navigasi,


2.                   Lalu kita klik kanan, dan pilih “Add Link”


3.                   Setelah itu akan muncul form seperti dibawah ini


Klik “Action”, lalu klik “Add” untuk memilih akan menanamkan link apa dalam tulisan yang anda. Setelah itu klik “Edit” untuk mengatur alamat link yang akan kita tanamkan.
Sebagai contoh, saya akan menavigasikan tulisan “[Red: 1]” ke halaman tertentu di dokumen yang sama:

Setelah, form pengaturan muncul, anda tinggal atur navigasinya. Tinggal simpan pengaturan, Selesai.
Maka hasilnya adalah ketika kita mengklik tulisan “[Red: 1]”, maka dokumen secara otomatis akan menampilkan halaman yang sudah kita navigasikan. Lihat contoh ebook disini. 


Tertarik? download PDF Xchange Viewer Pro + SN secara gratis disini: [PDF X-Change Pro]





Description: Membuat Dokumen Interaktif Dalam Format PDF Rating: 4.5 Reviewer: F. G. Ramadhan - ItemReviewed: Membuat Dokumen Interaktif Dalam Format PDF

0 komentar:

NO SPAM, SPAMER'S AKAN SECARA OTOMATIS TERHAPUS DARI FORM KOMENTAR, TERIMAKASIH !